Sistem Manajemen Koleksi v.2.0

SIMKOLEKSI versi 2.0

SIMKOLEKSI atau Sistem Manajemen Koleksi merupakan sebuah aplikasi berbasis web yang digunakan untuk membenatu museum dalam melakukan pengelolaan data koleksi museum. Sistem aplikasi ini merupakan alternatif dari aplikasi Sistem Registrasi Museum yang dipublikasi oleh Kemdikbud bagi museum yang ingin memiliki sistem registrasi koleksi museum sendiri.

Tujuan Aplikasi Sistem Manajemen Koleksi

Museum tentu memliki koleksi yang tidak sedikit, mulai dari puluhan hingga ribuan, sehingga museum perlu memiliki sebuah sistem yang dapat membantu untuk melakukan registrasi, mencari koleksi, menambah data atribut koleksi, dan mencetak data koleksi dengan mudah.

Tentu dengan menggunakan aplikasi sistem seperti ini akan memudahkan pengelola museum dalam melakukan pengelolaan data koleksi dibandingan dengan membuat data koleksi satu per satu dengan menggunakan perangkat lunak (software) seperti Microsoft Excel atau Microsoft Word.

Fitur SIMKOLEKSI versi 2.0

Secara garis besar aplikasi ini memiliki fitur yaitu:

  1. Registrasi, Edit, Hapus Data Koleksi
  2. Data Arti Penting Koleksi
  3. Data Histori (Provenance) Koleksi
  4. Upload Dokumen atau File (doc, docx, xls, xlxs, pdf, jpeg, jpg, png)
  5. Pengkategorian koleksi berupa
    1. Kategori Koleksi
    2. Kategori Lokasi
    3. Kategori Arti Penting
    4. Kategori Provenance
    5. Kategori Kontainer
  6. Peminjaman Koleksi
  7. Registrasi Data Pengguna
  8. Backup Data

Kemudahan Instalasi dan Update Sistem Manajemen Koleksi

Aplikasi SIMKOLEKSI dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman web dimana pengguna tidak perlu melakukan instalasi seperti perangkat lunak lainnya sehingga relatif lebih banyak mendukung sistem operasi.

Dengan menggunakan bahasa pemrograman web berarti aplikasi ini dapat setiap saat dilakukan pembaharuan atau perubahan sistem dengan mudah tanpa harus perlu melakukan instalasi ulang sistem dan bahasa pemrograman yang digunakan secara umum dikenal oleh para programer khususnya PHP dan JavaScript.

Offline atau Online

Pengelola Museum dapat memilih mengoperasikan aplikasi ini secara offline atau online tergantung dengan kebijakan dan pertimbangan kemudahan aksesbilitas yang diperlukan.

Offline

Aplikasi ini dapat dioperasikan secara offline dengan menggunakan personal komputer (PC) secara pribadi atau dapat juga diintegrasikan dengan komputer jaringan internal (intranet) museum sehingga dapat diakses dari mana saja selama masih dalam lingkungan museum.

Online

Aplikasi ini dapat dioperasikan secara online yang berarti museum perlu mengunggah sistem aplikasi ini ke layanan penyedia jasa hosting sehingga sistem aplikasi dapat diakses dari dalam maupun luar lingkungan museum.

Keamanan Sistem Manajemen Koleksi

Sistem aplikasi ini diakses dengan menggunakan username dan password pengguna yang telah didaftarkan (registrasi) di dalam sistem sehingga walaupun dapat diakses online namun pengguna yang tidak memiliki username dan password tidak dapat mengakses sistem aplikasi.

Layanan Kami Lainnya

05 Feb 2020 | Sistem Developer
About The Author

Asies Sigit Pramujo

Arkeolog yang memiliki spesialisasi dalam bidang konservasi koleksi museum. Di sela-sela waktu juga sebagai programer aplikasi dan web developer.

Add a comment

*Please complete all fields correctly