ARKEOLOGINESIA KONSULTAN PELESTARIAN CAGAR BUDAYA DAN MUSEUM

Kajian

Layanan Pengkajian Cagar Budaya dan Museum

Arkeologinesia melakukan kajian terhadap cagar budaya dan koleksi museum untuk menggali potensi dan arti penting yang terkandung di dalam cagar budaya atau koleksi museum.

ARKEOLOGINESIA KONSULTAN PELESTARIAN CAGAR BUDAYA DAN MUSEUM

Kajian Cagar Budaya dan Koleksi Museum

Kelangkaan (Rarity)

Kelangkaan dalam aspek material ketika jumlah dari objek yang ada pada saat ini juga dalam aspek non-material ketika didasarkan oleh penilaian orang (Applebaum, 2010).

Kelangkaan Sebagai Keunikan

Kelangkaan juga dapat berarti suatu objek mewakili objek lain yang sama karena keunikan (Culture Heritage Agency, 2014) atau karena sedikit jumlahnya sedikit sehingga mewakili objek lainnya.

Arti Penting Kesejarahan

Nilai historis berkaitan dengan kejadian bersejarah, tokoh sejarah, atau periode sejarah (Culture Heritage Agency, 2014: 59) sehingga objek tersebut membawa informasi historis (Applebaum, 2010: 95).

Mewakili Tahapan Tertentu

Nilai sejarah juga berkaitan erat dengan suatu kehidupan tertentu atau tinggalan yang mewakili suatu salah satu tahapan dalam kehidupan (Tanudirjo, 2004).

Arti Penting Ilmu Pengetahuan

Nilai penting ilmu pengetahuan jika sumberdaya budaya tersebut memiliki potensi untuk diteliti lebih lanjut dalam rangka menjawab masalah dalam bidang keilmuan tertentu (Tanudirjo, 2004: 6).

Mendukung Masa Kini dan Masa Depan

Mengandung arti penting ilmu pengetahuan jika memiliki informasi yang dapat dibaca dan mendukung dalam kajian ilmu pengetahuan untuk saat ini maupun di masa yang akan datang (Culture Heritage Agency, 2014: 59).

Arti Penting Dalam Seni

Suatu objek yang tidak memiliki fungsi fisik secara khusus namun memiliki peran penting dalam hal tertentu. Namun hal ini berlaku jika ada atribut lain yang menyertai seperti nilai estetika.

Nilai Seni Sebagai Hasil Kreatifitas dan Pencapaian

Suatu koleksi memiliki nilai seni jika menampilkan seni tertentu, kreatifitas, pencapaian teknik khusus atau gagasan asli, atau sebagai hasil karya seorang seniman (Culture Heritage Agency, 2014: 58).

Arti Penting Estetika

Merupakan nilai keindahan dari tampilan visual namun juga dapat muncul karena dibuat dengan keahlian seni tertentu, keterampilan, kreatifitas dan keahlian dalam pemanfaatan material, atau tampilan warna dan desain (Applebaum, 2010: 93).

Arti Penting Pendidikan

Nilai pendidikan berarti suatu objek dapat memberikan informasi mengenai suatu proses yang berkaitan dengan koleksi yang dimaksud (Applebaum, 2010: 104) dan memberikan pengetahuan baru kepada masyarakat.

Penting Karena Memiiki Relasi

Suatu objek dapat memiliki nilai yang lebih berharga jika memiliki hubungan dengan seseorang yang terkenal (Applebaum, 2010: 112) daripada pemilik, pengguna, atau pembuat objek itu sendiri.

Arkeologinesia Hadir Untuk Anda

Hubungi Kami