ARKEOLOGINESIA KONSULTAN PELESTARIAN CAGAR BUDAYA DAN MUSEUM

Kajian

Layanan Pengkajian Cagar Budaya dan Museum

Arkeologinesia melakukan kajian cagar budaya dan koleksi museum untuk menggali potensi dan arti penting yang terkandung di dalam cagar budaya atau koleksi museum.

ARKEOLOGINESIA KONSULTAN PELESTARIAN CAGAR BUDAYA DAN MUSEUM

Mengapa Perlu Kajian ?

Kajian cagar budaya dan koleksi museum diperlukan untuk menggali potensi dan arti penting yang terkandung di dalamnya. Kajian ini kemudian digunakan untuk menentukan strategi pelestarian, pengelolaan, hingga pemanfaatan cagar budaya dan koleksi museum.

ARKEOLOGINESIA KONSULTAN PELESTARIAN CAGAR BUDAYA DAN MUSEUM

Kajian Cagar Budaya dan Koleksi Museum

Berikut ini adalah beberapa parameter yang kami gunakan untuk melakukan kajian

Langka dan Unik

Kelangkaan berarti suatu obyek memiliki jumlah terbatas sehingga mewakili objek lainnya atau karena memiliki keunikan (Culture Heritage Agency, 2014).

Arti Penting Kesejarahan

Berkaitan dengan kejadian bersejarah, tokoh sejarah, atau periode sejarah (Culture Heritage Agency, 2014) sehingga membawa informasi historis (Applebaum, 2010).

Mewakili Tahapan Tertentu

Berkaitan dengan suatu kehidupan tertentu atau tinggalan yang mewakili suatu salah satu tahapan dalam kehidupan (Tanudirjo, 2004).

Arti Penting Ilmu Pengetahuan

Jika memiliki potensi diteliti lebih lanjut untuk menjawab masalah pada bidang keilmuan tertentu (Tanudirjo, 2004).

Mendukung Masa Kini dan Masa Depan

Jika memiliki informasi yang mendukung dalam kajian ilmu pengetahuan untuk saat ini maupun di masa depan (Culture Heritage Agency, 2014).

Arti Penting Dalam Seni

Obyek yang tidak memiliki fungsi fisik secara khusus namun memiliki peran penting dalam hal tertentu. Hanya berlaku jika ada atribut lain yang menyertai seperti nilai estetika.

Nilai Seni Sebagai Hasil Kreatifitas dan Pencapaian

Jika menampilkan hasil seni tertentu, kreatifitas, pencapaian teknik khusus atau gagasan asli, atau sebagai hasil karya seorang seniman (Culture Heritage Agency, 2014).

Arti Penting Estetika

Nilai keindahan secara visual namun juga karena dibuat dengan keahlian seni, keterampilan, kreatifitas dan pemanfaatan material, atau tampilan warna dan desain (Applebaum, 2010).

Arti Penting Pendidikan

Suatu obyek dapat memberikan informasi mengenai suatu proses yang berkaitan dengan obyek yang dimaksud (Applebaum, 2010) dan memberikan pengetahuan baru kepada masyarakat.

Penting Karena Memiiki Relasi

Suatu objek dapat memiliki nilai yang lebih berharga jika memiliki hubungan dengan seseorang yang terkenal (Applebaum, 2010) daripada pemilik, pengguna, atau pembuat objek itu sendiri.

Sumber Referensi:

  • Applebaum, Barbara. (2010). Conservation Treatment Methodology.
  • Culture Heritage Agency. (2014). Assessing Museum Collection: Collection valuation in six steps. Amersfoort, The Netherland: Culture Heritage Agency.
  • Tanudirjo, Daud Aris. (2004). Kriteria Penetapan Benda Cagar Budaya. Workshop Pedoman Penetapan Benda Cagar Budaya 16-18 Juni 2004. Cirebon: Deputi Menteri Bidang Kepurbakalaan dan Museum, Departemen Kebudayaan dan Pariwisata.

Arkeologinesia Hadir Untuk Anda

Hubungi Kami