Pencegahan Penularan Virus Corona (Bagian 1)

virus corona dan konservasi koleksi museum

Sobat Cagar Budaya dan Museum, kali ini mimin ingin berbagi informasi mengenai pencegahan penularan virus corona (SARS-Cov-2) agar kita terhindar dari infeksi virus ini dan turut serta sebagai agen pencegahan virus corona.

Anda disarankan untuk selalu mengupdate informasi tentang pandemi virus corona melalui laman website resmi WHO dan laman resmi pemerintah. Jangan sampai termakan isu yang tidak benar alias hoax ya!

Dilansir oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO, World Health Organization) dalam laman resminya tentang anjuran pencegahan penularan virus corona untuk publik bahwa kebanyakan orang yang terinfeksi mengalami penyakit ringan dan sembuh, tetapi bisa lebih parah bagi orang lain.

Oleh sebab itu, kita perlu tetap waspada dan lakukan pencegahan penularan virus corona melalui langkah-langkah berikut ini:

Langkah Pencegahan Penularan

1. Cuci Tangan

mencegah penularan virus corona
Ilustrasi Mencuci Tangan dengan Menggunakan Sabun

Cuci tangan secara rutin dengan menggunakan larutan anti-septik (cair atau gel) berbahan dasar alkohol dengan kandungan alkohol minimal 60%. Selain itu Anda juga dapat mencuci tangan dengan sabun dan dibasuh dengan menggunakan air mengalir. Jangan mengunakan air kobokan seperti di warung-warung makan ya!

Mengapa Harus Cuci Tangan ?

Mencuci tangan dengan bahan anti-septik berbahan dasar alkohol dan mencuci tangan dengan sabun dapat membantu membunuh virus. Hal ini dikarenakan dengan mencuci tangan dengan larutan anti-septik maupun sabun dapat menghambat aktifitas bakteri maupun virus. Terlebih jika Anda mencuci tangan dengan sabun dan dibasuh dengan air mengalir maka kotoran, bakteri, atau virus akan ikut terbawa air.

Dilansir detik.com sabun atau detergen dapat merusak lapisan pelindung virus. Mengapa? virus corona memiliki pelindung (envelope) yang tesusun dari lemak. Sabun atau detergen dapat melarutkan lemak sehingga merusak lapisan pelindung virus. Dengan rusaknya envelope virus maka virus akan mati.

Sabun Anti-Septik vs Sabun Biasa

Dilansir dalam laman alodokter.com disebutkan bahwa sabun anti-septic mengandung triclosan atau triclocarbon yang efektif membunuh bakteri dan virus sedangkan sabun biasa seperti sabun kecantikan sedikit atau tidak mengandung bahan anti septik.

Tapi tunggu dulu…

Kandungan triclosan dalam sabun cenderung membuat kulit kering dan rentan terkena dermatitis kontak iritan atau alergi. Ditambah lagi, para ahli menduga bahwa penggunaan sabun antibakteri dalam jangka panjang bisa menyebabkan bakteri menjadi kebal terhadap antibiotik.

Jadi, Anda tidak perlu terus menerus menggunakan sabun anti-septik. Gunakan sabun biasa saja sudah cukup dan saran dari WHO adalah yang terpenting Anda harus tidak lupa mecuci tangan setelah beraktifitas atau berjabat tangan dengan orang lain dan cuci tangan dengan cara yang benar.

2. Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan Sementara Waktu

mencegah penularan virus corona
Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan

Jaga jarak dengan sesama minimal 1 meter. Jarak ini adalah jarak aman yang dianjurkan oleh WHO. Hindari pula kerumunan orang karena kita tidak tahu apakah orang di sekitar kita ada yang terjangkit virus corona.

Mengapa Harus Jaga Jarak ?

Bukan maksud mimin untuk menjaga jarak komunikasi dengan Anda. Menurut WHO, ketika ada orang yang bersin atau batuk, orang tersebut akan menyemburkan cairan dari hidung atau mulut yang mungkin mengandung virus Covid-19.

Jika mimin terlalu dekat, maka kemungkinan besar hamburan cairan tersebut akan terhirup ke dalam saluran pernapasan mimin. Nah, kalau orang yang bersin ternyata terinfeksi virus Covid-19, mimin bisa ikut terinfeksi.

Apakah Berjabat Tangan Diperbolehkan?

Mimin, tanpa mengurangi rasa hormat terhadap semua orang, mungkin untuk saat ini akan menghindari berjabat tangan untuk mencegah transfer virus dari tangan Anda ke tangan mimin.

Tapi jika harus berjabat tangan mimin juga tidak akan menolak. Mimin akan melakukan antisipasi dengan menyemprotkan disinfektan pada tangan mimin terlebih dahulu baru berjabat tangan atau setelah berjabat tangan, mimin akan segera cuci tangan.

Kalau mimin sih memilih membersihkan tangan dulu sebelum berjabat tangan. Kesannya memberikan rasa aman bagi lawan jabat tangan. Lawan jabat tangan akan merasa lebih dihargai dan lebih aman karena kita dianggap sudah membersihkan tangan terlebih dahulu sebelum menjabat tangan mereka.

Kalau setelah jabat tangan baru membersihkan tangan mimin kok kesannya jadi lawan kita dianggap dicurigai terjangkit virus dan akan menularkannya pada kita ya?

3. Hindari Menyentuh Wajah

mencegah penularan virus corona
Ilustrasi. Hindari Menyentuh Bagian Wajah (mata, hidung, dan mulut)

Hindari menyentuh wajah, hidung, dan mulut Anda. Mungkin tangan Anda terdapat bakteri atau bahkan virus corona. Jika tangan Anda terdapat virus corona, maka virus akan mudah masuk ke dalam tubuh melalui mata, hidung, dan mulut.

Mengapa Hindari Menyentuh Wajah?

Tangan merupakan anggota tubuh yang sering kita gunakan sehari-hari. Tangan kita gunakan untuk menyentuh benda apapun dan berjabat tangan dengan sesama. Nah, hal ini yang menyebabkan tangan menjadi salah satu media penyebaran virus corona.

Seperti yang sudah diinfokan oleh WHO dan media kesehatan lainnya, virus corona (SARS-Cov-2 atau Covid-19) menyebabkan infeksi saluran pernapasan, batuk, pneumonia, dan beberapa kasus menunjukkan gejala diare.

Nah, gejala yang ditunjukkan tersebut berada di daerah hidung dan mulut sedangkan saluran air mata terhubung dengan hidung. Makanya, kalau kita terserang flu biasanya mata kita akan berair dan hidung menjadi tersumbat ditambah dengan batuk.

Lakukan Pencegahan Dengan Cuci Tangan

Kembali lagi ke tahap pertama. Makanya, kenapa cuci tangan menjadi langkah paling efektif untuk mencegah penularan dan infeksi virus corona. Lakukan cuci tangan atau usap dengan hand-sanitizer sebelum menyentuh wajah Anda.

4. Lindungi Saat Bersin Atau Batuk dan Jaga Kebersihan

mencegah penularan virus corona
Ilustrasi. Menggunakan Tissue Saat Bersin atau Batuk

Gunakan tissue atau sapu tangan milik Anda ketika Anda bersin atau batuk. Hal ini mencegah penyebaran virus melalui udara.

mencegah penularan virus corona
Ilustrasi. Menggunakan Lengan Untuk Menutup Wajah Saat Bersin atau Batuk

Tutup hidung atau mulut Anda dengan lengan saat bersin atau batuk jika tidak ada tissue atau sapu tangan.

Mengapa menggunakan lengan? Lengan jarang kita gunakan untuk menyentuh seperti tangan. Jika Anda menutup bersin atau batuk menggunakan tangan, maka Anda dapat menyebarkan virus ke orang lain ketika berjabat tangan atau menyentuh benda disekitar Anda.

Buang Sampah Tissue Pada Tempat Sampah Tertutup

Jangan membuang sisa tissue sembarangan! Buang tissue yang sudah Anda gunakan saat menutup bersin atau batuk ke tempat sampah yang memiliki tutup untuk menghindari penularan virus.

5. Periksakan Diri Anda Segera

mencegah penularan virus corona
Ilustrasi. Periksakan Diri Anda Ke Dokter

Jika badan Anda merasa kurang sehat dan terdapat gejala seperti demam, batuk, nyeri otot, dan sesak napas segera periksakan diri Anda ke dokter. Mimin menyarankan untuk memeriksakan diri ke Rumah Sakit yang dapat dapat melakukan tes virus Covid-19 atau rumah sakit rujukan pemerintah

Takut Divonis Suspect atau Positif Corona ?

Mungkin beberapa diantara kita merasa enggan memeriksakan diri karena takut divonis suspect atau positif corona karena merasa akan terisolisai atau dikucilkan dari orang sekitar.

Jangan takut! Tertular virus corona tidak seperti tertular virus HIV atau terjangkit virus Ebola. Dengan memeriksakan diri Anda sesegera mungkin berarti meningkatkan keselamatan dan mencegah dampak yang lebih buruk dari diri Anda.

Jadilah Agen Pencegahan Penularan Virus Corona

Pencegahan penularan virus corona dapat dimulai dari Anda sendiri. Ikuti langkah-langkah yang telah mimin jelaskan di atas supaya Anda tetap aman dari tertular virus corona dan selalu tetap waspada.

About The Author

Asies Sigit Pramujo

Arkeolog yang memiliki spesialisasi dalam bidang konservasi koleksi museum. Di sela-sela waktu juga sebagai programer aplikasi dan web developer.

Blog Comments

[…] Kali ini mimin ingin membagikan informasi lain tentang Pencegahan Penularan Virus Corona (Bagian 2) yang merupakan lanjutan dari artikel sebelumnya. […]

Add a comment

*Please complete all fields correctly

Artikel Berhubungan

ignaz semmelweis
virus corona dan konservasi koleksi museum
virus corona dan konservasi koleksi museum
%d blogger menyukai ini: