Undang-Undang Cagar Budaya No. 11 tahun 2010

download-dokumen-pdf

Undang-undang No. 11 Tahun 2010 adalah salah satu peraturan undang-undang yang mengatur tentang cagar budaya.

Menurut undang-undang ini, cagar budaya adalah warisan budaya bersifat kebendaan berupa Benda Cagar Budaya, Bangunan Cagar Budaya, Struktur Cagar Budaya, Situs Cagar Budaya, dan Kawasan Cagar Budaya di darat dan/atau di air yang perlu dilestarikan keberadaannya karena memiliki nilai penting bagi sejarah, ilmu pengetahuan, pendidikan, agama, dan atau kebudayaan melalui proses penetapan.

Benda cagar budaya adalah benda alami atau buatan manusia, baik bergerak atau tidak, yang punya hubungan erat dengan kebudayaan dan sejarah perkembangan manusia. Benda cagar budaya tidak hanya penting bagi disiplin ilmu arkeologi, tetapi terdapat berbagai disiplin yang dapat melakukan analisis terhadapnya. Antropologi misalnya dapat melihat kaitan antara benda cagar budaya dengan kebudayaan sekarang.

Hingga tahun 2019, diketahui ada sekitar 1.492 cagar budaya yang bergerak maupun tidak yang sudah terdaftar dan teridentifikasi.

Dengan berlakunya undang-undang ini, maka Undang-Undang No. 5 Tahun 1992 tentang Benda Cagar Budaya dinyatakan dicabut dan tidak berlaku. Namun demikian, semua peraturan perundang-undangan yang merupakan peraturan pelaksanaan dari Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1992 tentang Benda Cagar Budaya dinyatakan masih tetap berlaku sepanjang tidak bertentangan dengan ketentuan dalam Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2010 ini.

About The Author

Asies Sigit Pramujo

Arkeolog yang memiliki spesialisasi dalam bidang konservasi koleksi museum. Di sela-sela waktu juga sebagai programer aplikasi dan web developer.

Blog Comments

[…] Museum. Peraturan perudang-undangan ini merupakan peraturan pelaksanaan teknis atau turunan dari Undang-Undang No. 11 tahun 2010 yang secara khusus mengatur tentang […]

[…] tentang fungsi museum dapat kita temukan dalam Undang-Undang No. 11 Tahun 2010 tentang Cagar Budaya. Fungsi museum menurut undang-undang tersebut […]

Add a comment

*Please complete all fields correctly

Artikel Berhubungan

download-dokumen-pdf